Rabu, 29 Agustus 2018

Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia Gelar Seminar Terkait Parpol di Bengkulu

SHARE
BENGKULU – Partai politik (Parpol) mempunyai peran yang sangat strategis, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan penyelanggaraan pemerintah. Hal ini disampaikan Dirjend Politik dan Pemerintahan Umum Kemedagri RI Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, saat menghadiri Seminar Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), bertajuk Kontribusi Partai Politik Terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan Yang Baik, Selasa (28/8/2018), di salah satu hotel Kota Bengkulu.
Menurutnya, partai politik merupakan jembatan yang mempertemukan pemerintahan dan rakyat, dimana saat ini pemerintah sedang berjuang untuk mewujudkan tatanan politik yang lebih eklusif, demokratis dan lebih berperadaban.
“Tatanan politik yang ingin kita bangun adalah tatanan poitik yang bertumpu pada jalannya program pembangunan nasional. Menuju Indonesia yang lebih maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan. Hal itu tentu tidak terlepas dari peran yang dilaksanakan oleh partai politik diantaranya sebagai poros dalam proses demokrasi,” sampai Soedarmo.
Semua itu, kata Soeparmo, banyak hal yang perlu disiapkan oleh partai politik diantaranya, sistem kaderisasi dan rekrutmen yang baik.
Pada kesempatan yang sama, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, seminar ini pada intinya untuk memberikan pemahaman yang sama dari semua stakeholder dan pengambil kepentingann dari jajaran penyelanggara pemerintahan.
Selain itu, kata Rohidin, Seminar Nasional ini ingin melihat sejauh mana dampak dan kontribusi partai dalam proses pesta demokrasi.
“Bagaimana kita merekonstruksi partai politik agar betul-betul mewakili ideologi, serta ide dan gagasan yang diusung bersama. Karena kita semua sepakat partai politik tetap menjadi satu-satunya saluran demokrasi paling efektif,” tandasnya.
Dalam seminar ini, hadir Ketua Dewan Pakar APSSI Prof. M. Ryaas Rasyid, diikuti oleh seluruh Asisten I Bidang Pemerintahan serta Kepala Badan Kesbangpol se-Indonesia.[**]
SHARE

Author: verified_user