Sabtu, 30 Juni 2018

Bulan Bhakti Pancasila 2018, Pemerintah Provinsi Bengkulu Gelar Jalan Sehat dan Pertunjukan Seni dan Budaya

SHARE


MEMPERINGATI Bulan Bhakti Pancasila Tahun 2018, Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar berbagai macam kegiatan, diantaranya jalan sehat, pertunjukan seni dan budaya, yang diselenggarakan di halaman Rumah Kediaman Bung Karno Kota Bengkulu, Sabtu (30/6/2018).

Pada kegiatan tersebut, turut hadir tamu kehormatan dari Sekretaris Jendral Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) Hardi Prabowo, Kementerian/Koordinator PMK Asdep, Staf Khusus Kemendagri, dan Dirjen Bangda.
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Sekda Provinsi Bengkulu, Novian Andusti. Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu Budiman Ismaun didampingi Sekretaris Daerah Kota  Bengkulu Marjon, Bupati Bengkulu Tengah, Ferry Ramli, OPD Provinsi Bengkulu, dan tamu undangan lainnya.

Rohidin Mersyah secara langsung melepas peserta jalan sehat yang diikuti para Aparatur Sipil Negara (ASN) di bawah jajaran Pemerintah Provinsi dan Kota Bengkulu dengan rute perjalanan mulai dari halaman depan Rumah Kediaman Bung Karno, mengitari  masjid At-Taqwa Kelurahan Anggut Atas – Anggut Bawah, Simpang Horizon, Penurunan, sampai Simpang Lima, dan kembali ke jalan Sukarno, kemudian finis di depan Rumah Kediaman Bung Karno.
Plt. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kinerja Pemda Provinsi Bengkulu atas terselenggaranya acara Peringatan Hari Bhakti Pancasila di Provinsi Bengkulu.

“Ditetapkannya Hari Bulan Bhakti Pancasila Tahun 2018 ini merupakan suatu bentuk penghormatan tersendiri dan rasa cinta kita terhadap sejarah yang ada di Provinsi Bengkulu,” sampai Gubernur.

Secara khusus peringatan ini dipusatkan di halaman Rumah Persinggahan / Kediaman Bung Karno, selaku proklamator Bangsa kita, yang dicintai dan dibanggakan bangsa Indonesia.
Plt. Gubernur Bengkulu juga mendoakan Bapak Proklamator Indonesia itu agar mendapatkan tempat yang mulia disisi Allah SWT.

“Semua ide, gagasan dan semua cita karsa semasa beliau hidup akan betul-betul terpatri sebagai tonggak perjuangan dan semangat bagi kita sekalian untuk semakin cinta dan membangun bangsa yang besar ini untuk masa-masa yang akan datang,” ujarnya.

Rohidin Mersyah juga menghimbau kepada jajaran pemerintah dan masyarakat Provinsi Bengkulu, khususnya, untuk memaknai Hari Bulan Bhakti Pancasila ini secara positif dan betul-betul mendalami dan menghayati makna dari Bulan Bhakti Pancasila.

“Pancasila merupakan ideologi pemersatu bangsa, sekaligus pengikat kebersamaan dan persatuan Bangsa Indonesia. Terlebih penting dari itu, akan semakin menjamin eksistensi dan kedaulatan bangsa ini sehingga bangsa kita betul-betul jaya dimata dunia,” jelas Rohidin. 
Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Jendral Kementrian Dalam Negeri RI Hardi Prabowo juga mengatakan bulan Juni sebagai bulan yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Dikatannya mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 30 Juni telah dilaksanakan berbagai jenis kegiatan, diantaranya adalah pemugaran situs Bung Karno, pembersihan rumah Bung Karno di Bangka Belitung, pembersihan dan pengecatan situs makam Bung Karno di Jawa Timur, forum dialog revitalisasi nilai-nilai pancasila, upacara bendera peringatan hari lahir Pancasila di Nusa Tenggara Timur, upacara penutupan hari lahir pancasila di Maluku, dan pagi ini di Bengkulu dilaksanakan jalan sehat serta pembersihan situs rumah peninggalan Bung Karno.[ADV]
SHARE

Author: verified_user