Rabu, 23 Mei 2018

Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-110

SHARE


MEMPERINGATI Hari Kebangkitan Nasional ke 110 Tahun 2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong melaksanakan Upacara di halaman Pemkab Rejang Lebong, Rabu (23/5/2018) pagi.
Upacara yang berlangsung khidmat ini mengambil tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital”.
Bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Rejang Lebong H. Ahmad Hijazi, SH, M.SI, serta dihadiri pejabat Eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemkab Rejang Lebong, unsur FKPD, Bela Negara, PMI, dan Mahasiswa Kabupaten Rejang Lebong.
Saat menyampaikan pidato Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Hijazi mengatakan, dalam hari kebangkitan Nasional, 20 Mei 2018, harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang dalam meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.
“Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayaan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam rangka kebangsaan Indonesia,” ujar Hijazi.
Hijazi juga mengungkapkan, para pendahulu yang berkumpul dalam organisasi seperti Boedi Oetomo memberikan yang terbaik bagi terbentuknya bangsa melalui organisasi. Bukan pertama-tama dengan memberikan harta atau senjata, melainkan komitmen sepenuhnya jiwa raga.
“Dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana saat itu, mereka terus menghidup-hidupi api nasionalisme dalam diri masing-masing,”
Seratus sepuluh tahun kemudian, lanjut Hijazi, bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya. Meskipun belum sepenuhnya sempurna, rakyat telah menikmati hasil perjuangan para pahlawan berupa meningkatnya perekonomian, kesejahteraan, pendidikan dan sebagainya.
“Keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan,” Ucapnya.
Selamat hari kebangkitan Nasional ke 110. Mari maknai peringatan tahun ini di lingkungan masing – masing sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk memaksimalkan peningkatan sumber daya manusia.
“Mari kita maksimalkan dan memfasilitasi sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang,” pungkasnya.[ADV]
SHARE

Author: verified_user