Selasa, 08 Mei 2018

Dinas Kesehatan Rejang Lebong & Komisi IX DPR RI Gelar Sosialisasi Germas 2018

SHARE


DINAS Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong dan Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) 2018 di gedung Balai Latihan Kesehatan Masyarakat (BLKM) Cawang Baru Kecamatan Selupu Rejang yang dihadiri langsung oleh Bupati Rejang Lebong, Dr. Ahmad Hijazi, Anggota Komisi IX DPR RI, Elfa Hertati serta dari pihak Kementerian Kesehatan RI yaitu Budiman Sitepo. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi.
Dalam sosialisasi ini, pihak Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Syamsir Mardani mengungkapkan, kegiatan sosialisasi ini merupakan inisiasi dari Komisi IX DPR RI dan Kementerian Kesehatan RI. Selain disosialisasikan, GERMAS telah dilaksanakan dari tahun 2017 sesuai dengan Intruksi Presiden No 1 Tahun 2017. Sehingga, mulai 2017 sampai selanjutnya hal ini harus terus disosialisasikan agar diketahui oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia dan Rejang Lebong khususnya. Adapun program inovasi dari Dinas Kesehatan yang telah dilaksanakan pada 2017 adalah pembinaan kader kesehatan yang dikemas dengan program 211 dalam pengertian 2 orang kader dalam 1 desa setiap program. Sosialisasi GERMAS ini sudah dimulai sejak Maret-April 2018 di 21 Puskesmas di Kabupaten Rejang lebong. Dari target 20.000 kader kesehatan yang direkrut, saat ini Dinas Kesehatan Rejang Lebong telah memiliki 17.054 orang kader yang tersebar seluruh wilayah Rejang Lebong.
“Dalam rangka sosialisasi GERMAS ini yang diutamakan adalah masyarakat umum karena masyarakat umum jarang mengikuti perkembangan-perkembangan kesehatan. Maka dari itu sangat penting mengikuti sosialisasi ini guna membangun keluarganya dan membangun masyarakat serta bangsa dan Negara dengan adanya kegiatan ini maka kedepannya gerakan 211 (dua satu satu) dapat berjalan dengan baik yang juga dimotori oleh sekitar 17.000 orang kader kesehatan binaan Dinas Kesehatan Rejang Lebong.[ADV]
SHARE

Author: verified_user