Selasa, 20 Maret 2018

PORKAB Akan Dijadikan Agenda Rutin Pemerintah Rejang Lebong

SHARE

Kepala Bidang Humas KONI Rejang Lebong Propinsi Bengkulu, Nunung Tri Mulyanti
BENGKULU–Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rejang Lebong menggelar Kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) pertama kali setelah tahun 1976. Dibuka pada hari Minggu kemarin pada 18 Maret 2018 di Lapangan Setia Negara mengusung 16 Cabang Olahraga (CABOR) yang dikompetisikan. PORKAB ini akan dijadikan agenda rutin Pemerintah Daerah (PEMDA) Rejang Lebong Propinsi Bengkulu.

Kegiatan ini terakhir dilaksanakan pada 1976 silam dan sempat mengalami kevakuman hingga 2017. Akhirnya, pada 2018, PORKAB dilaksanakan kembali pertama kali di Kabupaten Rejang Lebong. Diadakannya agenda inimerupakan salah satu kebangkitan semangat olahraga dan juga sesuai dengan visi misi Pemerintah Rejang Lebong untuk mencari calon atlet berkualitas di masing-masing cabang olahraga yang diselengarakan.

Selama ini, banyak atlet berkualitas setiap Kecamatan diKabupaten Rejang Lebongbelum terpantau dan dibina secara baik dan maksimal.
“Cabang Olahraga (CABOR) yang dilombakan itu tergantung dengan CABOR yang disukai masyarakat di Kecamatan. Olahraga banyak diikuti adalah Bola Kaki, Renang, Volly, Futsal, Karate, Taekwondo,” ujar Nunung Tri Mulyanti, Kepala Bidang Humas KONI Kabupaten Rejang Lebong.
Dari 15 kecamatan, ada 2 Kecamatan yang tidak mengirimkan atletnya. Nunung juga mengungkapkan, peserta CABOR paling sedikit terdapat pada cabang Panahan dan Panjat Tebing karena alat-alatnya mahal.
“Dari 16 CABOR nantinya, juara 1,2,3 yang akan ditandingkan lagi di Pekan Olahraga Propinsi (PORPROP), kemudian jika juara lagi bisa lanjut hingga ke SEA GAMES,” jelas Nunung.
Untuksistem keamanan para atlet yang sedang berkompetisi, pihak KONI Rejang Lebong bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (DINKES), Polisi Pamong Praja (POL PP), Polisi Sektor (POLSEK).

Adapun hadiah yang disiapkan oleh panitia PORKAB nantinya untuk juara umum 1,2,3 berupa Mendali, Piagam dan Maskot bentuk Rebung dengan Icon lucu.
“Langkah awal hanya diberikan Mendali dan Piagam. Kemudian, Bupati Rejang Lebong mengatakan seluruh atlet yang berhasil dalam perlombaan di tingkat Propinsi dan bisa mempersembahkan Mendali Emas akan diumrohkan,sebagai reward dari Pemerintah Daerah (PEMDA),” sampai Nunung.[jla]

SHARE

Author: verified_user