Kamis, 01 Maret 2018

HUT Ke 99 Pemadam Kebakaran. Wakil Bupati Rejang Lebong: Damkar Sangat Dibutuhkan Masyarakat

SHARE

RANGKAIAN Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 99 Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu berlangsung khidmat dan meriah. Bertempat Lapangan Setia Negara Curup, upacara HUT Ke 99 Damkar dimulai sekira pukul 09.00 WIB, Kamis (1 Maret 2018). Berbagai elemen pemerintahan, pelajar dan masyarakat turut mengikuti upacara HUT ke 99 Damkar di Kabupaten Rejang Lebong.
Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Iqbal Bastari
Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Iqbal Bastari menjadi Inspektur upacara HUT Ke 99 Damkar. Dalam amanatnya, Wakil Bupati Rejang Lebong mengatakan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Setiap kejadian kebakaran pemukiman sipil, kecelakaan yang mengakibatkan timbulnya ledakan api, hingga terjadinya kebakaran lahan merupakan tugas mulia yang dapat mengancam keselamatan Tim Damkar itu sendiri untuk memadamkan api agar tidak menimbulkan korban jiwa dan materil yang lebih besar.

Peserta Upacara HUT Ke 99 Damkar di Lapangan Setia Negara Curup Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu
HUT Ke 99 Damkar kali ini mengangkat tema “Optimalisasi Peran Pemadam Kebakaran Dalam Menghadirkan Perlindungan Masyarakat Menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2018”. Tak hanya harus sigap saat adanya kebakaran, pihak Dinas Damkar Kabupaten Rejang Lebong juga memiliki tugas lain, diantaranya pemberdayaan masyarakat terkait penanganan kebakaran, pemetaan daerah rawan kebakaran dan lainnnya.
“Dinas Damkar memiliki tugas yang mulia dan berat, namun hingga saat ini, disadari juga bahwa pemerintah belum memberikan apresiasi yang memadai terkait anggaran di daerah. Termasuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Pemadam Kebakaran,” sampai Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari saat membacakan pidato Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI).


Setelah pelaksanaan upacara memperingati HUT Ke 99 Damkar, dilaksanakan juga simulasi penanganan kebakaran mandiri bagi masyarakat saat terjadi kebakaran pada kompor gas, rumah, dan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang diperagakan oleh Tim Damkar Rejang Lebong serta pejabat di lingkungan pemerintahan Kabupaten Rejang Lebong. Selain itu juga, diperagakan juga simulasi pemadaman kebakaran menggunakan armada Damkar, seperti truk Tangki yang dapat menyemburkan air dan truk pemadam dengan kekuatan semprotan hingga puluhan meter.[ADV]

Foto-Foto Kegiatan:

Petugas dari Dinas Damkar Rejang Lebong Memperagakan Penanganan Jika Terjadi Kebakaran dari Kebocoran Kompor Gas
Simulasi Pemadaman Kebakaran Menggunakan Armada Damkar Rejang Lebong

 

Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari Ikut Mencoba Memadamkan Api Dengan Salah Satu Peralatan Damkar Rejang Lebong
Salah Satu Rangkaian HUT Ke 99 Damkar, Bekerjasama dengan PMI Rejang Lebong Menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah oleh Aparatur Damkar Kabupaten Rejang Lebong
SHARE

Author: verified_user