Kamis, 18 Januari 2018

Berinovasi, BPKAD Bengkulu Utara Kenalkan e-Auction

SHARE

BADAN Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Provinsi Bengkulu menggelar sosialisasi dan simulasi lelang e-Auction di Ruang Pola Sekreariat Daerah (Setda) Kabupaten Bengkulu Utara, Kamis (18/1/2018).
“Sebagai salah satu inovasi dalam pelayanan lelang agar transparan, sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai Lelang berbasis internet (e-Auction),” ungkap Kisro Zanito, Kepala BPKAD Bengkulu Utara.
Kisro mengatakan e-Auction menjadi bukti nyata, keseriusan Pemerintah Bengkulu Utara memperbaiki reputasi dan menepis anggapan negatif publik terhadap lelang yang terkesan bisa diatur dan ‘disetel’ oleh para pihak yang mengambil keuntungan dengan cara yang salah.
“Tidak ada campur tangan dalam hal proses lelang dan pastinya transparan,” tegas Kisro.
Seain itu, e-Auction dapat meminimalisir unsur Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan pengaduan masyarakat lebih mudah karena telah sistematis serta keuntungan untuk kas negara lebih besar karena terhindar dari para spekulan.
Selain itu, peserta lelang tidak perlu datang langsung ke tempat lelang cukup melalui aplikasi e-Auction, sehingga lebih hemat waktu dan biaya. Selanjutnya, e-Auction dapat diakses dimana saja dan kapan saja selama terhubung dengan jaringan internet.

Sementara itu, Kepala KPKNL Provinsi Bengkulu, Tredi Hadiansyah memaparkan, lelang secara internet ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan No 90/PMK.06/2016. Latar belakang digelarnya lelang secara internet ini, utamanya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa lelang serta bentuk modernisasi lelang dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi berupa internet.[ADV]
SHARE

Author: verified_user