Sabtu, 21 Oktober 2017

Kuda Kepang SPBM Rejang Lebong Siap Sajikan Atraksi Unik

SHARE
Para Anggota Kuda Kepang Sekar Pegon Banyumasan Sugih Pangapuran (SPBM) Kabupaten Rejang Lebong - Bengkulu
BENGKULU - Kuda Kepang merupakan salah satu hiburan yang paling digemari masyarakat Indonesia. Kuda Kepang Sekar Pegon Banyumasan Sugih Pangapuran (SPBM) salah satu persatuan kuda kepang yang ada di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, tepatnya beralamat di Desa Sumber Urib Kecamatan Selupu Rejang.

Salah Satu atraksi Kuda Kepang SPBM Rejang Lebong
Saat pentas pada acara sedekah bumi Desa Talang Lahat Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Selasa (17/10/2017) sore sekira pukul 15.30 WIB, Ketua persatuan Kuda Kepang SPBM, Budiman memimpin pentas tersebut. Budiman mengatakan Kuda Kepang yang ia pimpin memilki anggota sebanyak 30 orang. Diselah-selah pentas untuk menghibur warga Desa Talang Lahat, Budiman menjelaskan Kuda Kepang tersebut dibentuk pada 1999 yang awalnya hanya mempunyai 3 alat saja, berbekal modal hasil dari pertanian para anggota Kuda Kepang SPBM. Keinginan para pemuda untuk melestarikan kesenian tersebut, maka dengan dana yang terkumpul dari para donatur, terbentuklah kesenian kuda kepang ini.

Menariknya, Kuda Kepang SPBM memiliki keunikan daripada kelompok Kuda Kepang lainnya, yakni berupa atraksi-atraksi seperti memotong badan para pemain dengan menggunakan pedang, silet, beling kaca dan duri salak. Keunikan atraksi Kuda Kepang SPBM yang dapat disajikan dengan harapan dapat menghibur masyarakat.
“Harapan kami, pemain Kuda Kepang SPBM ini selalu dapat menghibur dengan atraksi-atraksi yang kami sajikan. Untuk kedepannya, saya masih mencari bakat-bakat para pemuda untuk turut melestarikan kesenian ini kepada generasi penerus,harap Budiman.
Salah satu penonton yang berasal dari luar daerah, Budi Mulyono mengungkapkan rasa kagumnya terhadap kesenian tersebut.
“Saya sangat terhibur melihat pemenntasan Kuda Kepang SPBM ini dan mudah-mudahan untuk kedepannya dapat mentas lebih banyak lagi, saya mau nonton”, tandasnya.
Jika ada masyarakat baik dari Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu ataupun dari luar dearah, ingin menyaksikan atraksi Kuda Kepang SPBM ini, dapat menghubungi Budiman di nomor 0857-6834-2817.[ADV]
SHARE

Author: verified_user