Saturday, October 21, 2017

2017, Dua Pukesmas Rejang Lebong Siap Raih Akreditasi

SHARE

BENGKULU- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu yang beralamatkan di Kelurahan Cawang Baru Kecamatan Selupu Rejang telah mempersiapkan akreditasi setiap Pusat Kesehatan Masyarakat (Pukesmas)  yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Pada 2017 ini, ada dua Pukesmas yang siap meraih akreditasi, yaitu Pukesmas Kampung MelayuKecamatan Bermani dan Pukesmas Watas Marga Kecamatan Curup Selatan.

Di Kabupaten Rejang Lebong, terdapat 21 Pukesmas. Sebelumnya, telah ada empat Pukesmas yang telah meraih akreditasi, diantaranya Pukesmas Curup Kelurahan Air Rambai Kecamatan Curup, Pukesmas PrumnasKelurahan Batu Galing Kecamatan Curup Tengah, Pukesmas Tunas Harapan Kelurahan Tunas Harapan Kecamatan Curup Utara dan Pukesmas Curup Timur Kelurahan Talang Ulu Kecamatan Curup Timur.

Rencananya, Penilaian akreditasi untuk dua Pukesmas tahun ini oleh Tim dari Dinkes Provinsi Bengkulu akan mulai dilaksanakan pada Senin, 23 Oktober 2017 yaitu di Pukesmas Kampung Melayu. Sedangkan penilaian akreditasi untuk Pukesmas Watas Marga akan dilaksanakan pada bulan berikutnya. Adapun tingkatanakreditasi adalah Tingkat Dasar, Madya, Utamadan Purna.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Kepala Bidang (Kabid) Akreditasi Dinkes Rejang Lebong, Asri menjelaskan sejauh ini sudah ada empat Pukesmas yang terakreditasi yaitu satu dengan tingkatan Madya dan tiga tingkatan Dasar.
Pukesmas yang telah terakreditasi harus memiliki kriteria meliputipelayanan yang terstandarisasi, Sarana Prasarana dan SOP dan telah melakukan tindakan berdasarkan teori sesuai standar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI)”, jelas Asri.
Asri menambahkan pada anggaran 2017 untuk akreditasi sebesar 1,2 Miliar. Berikutnya, direncanakan Pukesmas yang akan terakreditasi adalah Pukesmas Kampung DelimaKecamatan Curup Utara, Pukesmas SambirejoKecamatan Selupu Rejang, Pukesmas Padang Ulak Tanding (PUT) dan Pukesmas Beringin TigaKecamatan Selupu Rejang.[ydh]
SHARE

Author: verified_user