Senin, 25 September 2017

Resmi Terbentuk, SMSI Bengkulu Siap Konsolidasikan Media Online

SHARE

BENGKULU - Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu telah terbentuk melalui Surat Keputusan (SK) SMSI Pusat dengan nomor 034/KPTS/SMSI-PUSAT/VIII/2017 pada 25 Agustus 2017. Setelah terbentuk, SMSI Bengkulu mendapat mandat untuk melakukan konsolidasi perusahaan pers berbasis online atau siber (Media Online) di Provinsi Bengkulu.
"Kita akan mendata dan meminta semua Media Online yang sesuai dengan Kriteria Dewan Pers untuk bergabung. Sebab, SMSI sudah menjadi konstituen Dewan Pers. Nantinya, kita akan melakukan verifikasi internal terlebih dahulu untuk persiapan memenuhi syarat-syarat verifikasi faktual yang ditentukan Dewan Pers," kata Rahimandani, ketua SMSI Bengkulu, Senin (25/9/2017).
Diungkapkan Rahiman, ada 21 persyaratan bagi sebuah Perusahaan Media Online yang ditetapkan Dewan Pers untuk dapat diverifikasi faktual.
"Dari 21 persyaratan tersebut, diantaranya adalah kewajiban UKW bagi Pemimpin Redaksi (Pimred) serta pemenuhan kewajiban perusahaan terhadap pekerja pers, dan syarat-syarat lainnya," tutur Rahimandani.
Sementara itu, dalam persiapan konsolidasi Media Online di Bengkulu, SMSI Bengkulu akan menggelar pelantikan pengurus terlebih dahulu.
"Rencananya, pelantikan SMSI Bengkulu akan digelar pada Senin, 2 Oktober 2017. Selain pelantikan, SMSI Bengkulu juga menggelar dialog publik terkait perkembangan produk pers berbasis online/siber," paparnya.
Setelah pelantikan, SMSI Bengkulu segera menyiapkan program untuk konsolidasi Media Online yakni terkait pendataan untuk persiapan verifikasi faktual.
"SMSI Bengkulu terbuka untuk menerima Media Online di Bengkulu untuk bergabung. Semua pers berbasis online akan kita rangkul, namun sesuai dengan ketentuan Dewan Pers pastinya," imbuh Rahimandani, Ketua SMSI Bengkulu Priode 2017-2022.[**/rilis]
SHARE

Author: verified_user