Kamis, 15 Juni 2017

Mudik Lebih Nyaman Bersama BPJS Kesehatan

SHARE
Konferensi Pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup, Bengkulu
SemarakNews.co.id, BENGKULU – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H/ Tahun 2017, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu menerapkan kebijakan khusus terkait pelayanan. Sekira pukul 10.00 WIB pada Kamis (15/6/2017) BPJS Kesehatan menggelar Konferensi Pers secara serentak secara nasional terkait kebijakan khusus tersebut.

Bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran, layanan JKN-KIS lebih disederhanakan prosedurnya. Oleh karena itu, seluruh peserta JKN-KIS dihimbau untuk selalu membawa kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS dan Kartu Jamkesmas).

“Seluruh peserta JKN-KIS yang sedang mudik dengan status kartu yang aktif, dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Rizki Lestari melalui Kepala Unit (Kanit) Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer (MPKP), Handoko Cokro Putranto dalam Konferensi Pers.

Dijelaskan Handoko, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan ini berlaku sejak 19 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017. Selain itu, demi kelancaran pelayanan dalam memperoleh informasi kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload GRATIS di Google Play Store untuk perangkat Android.

“Selama libur lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400, hadir 7 x 24 jam, sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh pada Senin-Jumat pukul 07.00-20.00 WIB,” imbuh Handoko.

Untuk informasi tambahan, secara nasional BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di 8 (Delapan) titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Sukarno-Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten.


“Posko Mudik BPJS Kesehatan ini digelar sejak 21-24 Juni 2017 dan menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik. Perlu diketahui juga, seluruh fasilitas kesehatan pemudik peserta JKN-KIS tidak dibenarkan menarik iuran biaya dalam bentuk apapun kepada peserta,” demikian Handoko.[**]
SHARE

Author: verified_user