Selasa, 03 Januari 2017

Toko Online Bertebaran, Persaingan Makin Tajam

SHARE

JAKARTA, SemarakNews.co.id – Era digital dan serba mengggunakan Internet saat ini tengah berkembangan dengan pesat. Bahkan telah diramalkan pada 2016 lalu, bahwa akan banyak perusahaan e-commerce atau yang lebih dikenal dengan Toko Online bermunculan, sehingga persaingan dan perkembangan bisnis di dunia maya akan semakin sengit dan ramai di Indonesia.

Sementara itu, untuk pengusaha lokal seperti produsen yang bergelut di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), perkembangan ini dapat menjadi ‘ancaman’ jika pengusaha lokal tidak mampu berinovasi untuk bersaing dari gempuran e-commerce asing yang akan masuk ke Indonesia.

William Tanuwijaya, CEO Tokopedia yang merupakan salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia menuturkan untuk dapat bersaing dengan perusahaan e-commerce tentunya pengusaha lokal wajib melakukan inovasi terus menerus. Salah satu tips yang ia berikan, pengusaha lokal harus meningkatkan pelayanan yang baik disertai dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan produk pesaing.

“Pastinya, jika pelayanan saja tidak baik, pelanggan akan sangat mudah beralih ke produk lain. Maka seorang pengusaha harus fokus pada inovasi yang dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan kepada pelanggan,” jelas William, di ICE Palce Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2016) lalu.

William menambahkan, dengan perkembangan internet saat ini, seorang pengusaha dapat melakukan inovasi yang tepat untuk menarik pelanggan membeli produk. Kekuatan internet untuk berinovasi sangatlah luas. Seorang pengusaha dapat mencari ide dan kabar terkait tren perkembangan yang saat ini sedang digandrungi terkait produk yang ia jual.

Selain itu, sudah banyak contoh inovasi yang dilakukan melalui internet dan hal tersebut mampu menjadikan pengusaha lokal sukses dengan menggunakan fasilitas berupa internet dalam berinovasi.[**]
SHARE

Author: verified_user