Rabu, 09 November 2016

Inilah Hasil HKm Binaan AKAR Foundation Di Kabupaten Rejang Lebong

SHARE

BENGKULU, SemarakNews.co.id - Pada Selasa (8/11/2016), AKAR Foundation Perwakilan Provinsi Bengkulu me-launching Koperasi “HKm Cahaya Panca Sejahtera”. Secara Nasional, hal ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa, karena AKAR Foundation Perwakilan Provinsi Bengkulu adalah yang pertama berhasil mendampingi masyarakat pengelola hasil Hutan Kemasyarakatan (HKm) hingga menghasilkan produk berupa Kopi Bubuk dalam kemasan yang telah siap jual dan berdaya saing yang saat ini telah berbentuk badan hukum berupa Koperasi.


Perwakilan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Masyud mengaku terkejut dengan keberhasilan yang dilakukan oleh AKAR Foundation Perwakilan Provinsi Bengkulu. Bahkan Masyud menjanjikan akan memberikan bantuan berupa mesin pengorengan dan pengupasan biji kopi kepada Koperasi tersebut yang diharapkan dapat membantu para petani yang tergabung dalam koperasi tersebut dalam memproduksi bubuk kopi yang lebih berkualitas dan berdaya saing.

“Pada 2017 nanti pasti kita bantu berupa peralatan mesin pengupas dan penggoreng biji kopi. Walaupun bantuan tersebut masih terbatas, diharapkan dapat membantu para petani yang mengelola HKm di Kabupaten Rejang Lebong,” kata Masyud.

Masyud menambahkan, dirinya juga berharap pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rejang Lebong juga turut andil dalam mengembangkan potensi Kopi di Kabupaten Rejang Lebong. Pengelolaan biji kopi menjadi kopi bubuk, menurut Masyud sangatlah potensial untuk dikembangkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil per tahun yang telah dihasilkan oleh kelompok tani HKm di kabupaten Rejang Lebong. Dengan IUPHKm seluas 1.486,81 hektar saja, sebanyak 721 Kepala Keluarga yang tergabung dalam 27 Kelompok Tani telah mampu menghasilkan produksi kopi sebanyak 700-800 ton per tahun.

“Pengelolaan Kopi di Kabupaten Rejang Lebong sangatlah potensial, tinggal kepada pihak Pemda Kabupaten Rejang Lebong untuk mengembangkannya,” harap Masyud.

Lanjut Masyud menjelaskan, HKm yang telah diberikan IUPHKm seluas 1.486,81 hektar tersebar di 5 desa binaan AKAR Foundation Perwakilan Provinsi Bengkulu, yakni Desa Tanjung Dalam, Desa Air Lanang, Desa Tanjung Dalam, Desa Tebat Pulau, Desa Tebat Tenong Dalam dan Desa Baru Manis.[**]
SHARE

Author: verified_user