Senin, 29 Agustus 2016

Ada Destinasi Wisata Baru Di Kabupaten Lebong. Mau Tau??

SHARE

BENGKULU, SemarakNews.co.id - Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebong telah membuka destinasi wisata Arung Jeram (Rafting) dengan area Sungai Ketahun yang melintasi Desa Tapus Kecamatan Rimbo Pengadang hingga ke Desa Talang Ratau Kecamatan Tes.

Area Wisata Arung Jeram yang baru diresmikan oleh Bupati Lebong, Rosjonsyah pada Sabtu (27/8/2016) akan digelar selama 2 hari, yakni hingga Minggu (28/8/2016). Peresmian tersebut dihadiri Kapolda Provinsi Bengkulu, pejabat setempat dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lebong, Kapolres Lebong dan Komandan Kodim (Dandim) 0409.

Setelah dibuka Bupati Lebong secara resmi, sebanyak 20 perahu arung jeram telah siap untuk melintasi sungai Ketahun yang diperkirakan sejauh 80 Kilometer (KM) dengan area start di Desa Tapus Kecamatan Rimbo Pengadang.

Peresmian ini dihadiri langsung oleh Ketua FAJI, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) A. Faridz. Ia mengatakan bahwa potensi wisata arung jeram di Kabupaten Lebong sangat bagus. Bahkan, Faridz merekomendasikan untuk melaksanakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arung Jeram di Kabupaten Lebong dengan jalur sungai yang telah diresmikan ini. Ini berarti, Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu bisa menjadi tuan rumah Kejurnas Arung Jeram yang akan datang.

“Potensi alam Kabupaten Lebong ini sangat indah. Dari hasil survey yang kami lakukan, khususnya sungai lintasan arung jeram yang baru diresmikan ini, keindahan sungainya masuk dalam kategori Grade 5. Ini berarti, sungai Lebong ini sangat recommended untuk dijadikan wisata arung jeram dan bisa jadi, kita akan laksanakan Kejurnas disini,” jelasnya.

Menyikapi tanggapan tersebut, pihak Pemda Kabupaten Lebong menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah Kejurnas Arung Jeram. Bupati Lebong, Rosjonsyah langsung menyambut antusias wacana tersebut. Dengan diresmikannya jalur wisata arung jeram ini, diharapkan dapat meningkatkan potensi wisata Kabupaten Lebong dan mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi. Sehingga dapat meningkatkan perkenomian masyarakat sekitar. 


“Kita sangat menyambut baik rencana Ketua FAJI tersebut, Jika memang, Kejurnas sangat cocok dilaksanakan di Kabupaten Lebong, kenapa tidak kan. Dan kami siap dukung penuh,” kata Bupati Lebong, Rosjonsyah.[**]
SHARE

Author: verified_user