Selasa, 05 April 2016

UN 2016, 41 Pelajar di Rejang Lebong Drop Out

SHARE

BENGKULU, SemarakNews.co.id - Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat 2016 dimulai. Hari pertama UN di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, Senin (4/4/2016), bidang studi yang diujiankan yakni Bahasa Indonesia.

Data terhimpun, dari total peserta UN se-RL 1.979 orang, terdata 10 pelajar SMA/MA yang tak ikut UN. Hanya saja pelajar yang tak hadir itu merupakan para pelajar yang sudah Drop Out (DO) dari sekolahnya. Itu berarti yang ikut UN 1.969 orang. Sementara di tingkat SMK, dari total peserta UN 952 orang, 31 orang diantaranya tak ikut UN. Sama halnya dengan pelajar di tingkat SMA, pelajar SMK ini juga sudah DO dari sekolahnya. Sehingga total peserta yang ikut UN 921 orang.

Sementara itu, di Rejang Lebong (RL) sendiri, ada 2 sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yakni SMAN 1 Curup Timur dan SMKN 1 Curup Timur. Pantauan SemarakNews.co.id di SMKN 1 Curup Timur, jumlah siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 194 siswa dari 4 jurusan, yakni jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Multimedia, Akuntansi, dan Administrasi Perkantoran. Dari total siswa tersebut terdiri dari 161 siswi dan 33 siswa.

Kepala Sekolah SMKN 1 Curup Timur, Hartono mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan UNBK ini sejak 6 bulan lalu. Dari persiapan tersebut, Hartono menilai sekolah yang ia pimpin telah sepenuhnya siap 100 persen melaksanakan perdana UNBK ini. Di sekolah ini, pelaksanaan UNBK digelar di 2 ruangan, dengan masing-masing ruangan terdiri dari 30 unit laptop.

"Kendala yang dihadapi dan yang harus diantisipasi dari pihak kami cuma persoalan koneksi internet dan listrik. Namun kami telah berkoordinasi dengan Telkom dan PLN Rayon Curup. Mudah-mudahan tidak ada kendala teknis selama pelaksanaan UNBK," terang Hartono.

Ditambahkannya, masih terbatasnya fasilitas dalam melaksanakan UNBK ini, sehingga pihak sekolah membagi pelaksanaan UNBK menjadi 3 sesi. Sesi pertama mulai 07.30 - 09.30 WIB. Dilanjutkan sesi kedua dan ketiga pukul 10.30 -12.30 WIB dan pukul 14.00 - 16.00 WIB.

Di UNBK ini, ada Tim Proktor sebanyak 3 orang. Tugasnya, 2 orang memantau langsung kinerja dari jaringan dan sarana ujian berupa laptop yang digunakan peserta. Seorang lagi sebagai Teknisi. Tim ini untuk mengantisipasi jika ada gangguan teknis terkait sarana penunjang utama UNBK.


Sementara itu, di SMA Negeri 1 Curup Timur jumlah peserta UNBK lebih banyak, yakni sebanyak 237 siswa. Fasilitas laptop di sekolah yang berada di Jalan Raya Lintas Curup - Lubuklinggau sebanyak 80 unit yang terbagi masing-masing ruangan sebanyak 40 unit. Teknis pelaksanaan UNBK nya pun sama dengan SMKN 1 Curup Timur yakni dibagi menjadi 3 sesi.[**]
SHARE

Author: verified_user