Selasa, 05 April 2016

PERDANA, Ini Pengakuan Peserta UNBK 2016

SHARE

BENGKULU, SemarakNews.co.id - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau CBT (Computer Based Test), perdana dilaksanakan tahun ini. Salah seorang peserta UNBK dari Jurusan Ilmu pengetahuan Alam (IPA) SMAN 1 Curup Timur, Fajri Mansyah (17), mengaku sangat menikmati mekanisme UN dengan komputer. Bahkan ia mengaku terkesan lebih praktis dibanding dengan pelaksanaan UN reguler yang masih menggunakan lembar jawaban kertas.

Kepada SemarakNews.co.id, Fajri menjelaskan, tahap pertama dalam melaksanakan UNBK, setiap peserta diwajibkan memiliki password dan username terlebih dahulu untuk masuk (login) ke website aplikasi yang telah disediakan. Password dan username tersebut sebelumnya telah didaftarkan oleh pihak sekolah dan diberikan kepada setiap peserta. Selain password, username dan setelah berhasil login, peserta akan diberikan nomor seri khusus persis seperti nomor token untuk mengakses soal.

Menariknya, sambung Fajri, teknis pengerjaan soal UNBK adan pilihan "ragu-ragu". Sehingga, bagi peserta yang masih ragu menjawab soal, bisa dilewati dulu. Setelah soal yang lain sudah dijawab, maka jawaban dari soal yang ragu-ragu tadi bisa kembali dijawab.

"Soal UNBK itu tampilnya satu-satu. Setiap soal ada pilihan jawaban sebanyak 5 jawaban. Dan menariknya, ada pilihan ragu-ragu. Jadi, soal bisa dilewati dulu dan bisa lanjut ke soal berikutnya. Kalau kita centang ragu-ragu, soal akan berubah warna menjadi kuning, sebagai tanda bahwa soal tersebut bisa kita kembalikan lagi ke monitor untuk diselesaikan nanti," demikian aku Fajri.[**]
SHARE

Author: verified_user