Thursday, April 14, 2016

RSUD Curup Akui Belum Mengerti Teknis Penggunaan KIS

SHARE

BENGKULU, SemarakNews.co.id - Sebanyak 79.135 warga kabupaten Rejang Lebong (RL) penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) pada Desember 2015 lalu, ternyata satupun warga penerima KIS tersebut belum pernah berobat ke Rumah Sakit Daerah (RSUD) Curup menggunakan kartu tersebut. Lucunya, pihak RSUD Curup juga mengakui belum mengerti teknis penggunaan KIS tersebut jika dipakai untuk berobat.

Hal ini disampaikan oleh Direktur RSUD Curup, Tanzilul Azhar pada Kamis, 14 April 2016. Ia mengatakan bahwa pihaknya sama sekali belum disosialisasikan oleh pihak pengelola KIS terkait teknis penggunaannya jika dipakai untuk berobat. KIS yang dikelola oleh pihak Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) ini nampaknya belum mensosialisasikan terkait teknis penggunaannya kepada pihak terkait, termasuk kepada masyarakat. Nyatanya, belum ada satupun masyarakat yang menggunakan KIS tersebut untuk berobat ke RSUD Curup.

"Untungnya belum ada masyarakat yang menggunakan KIS tersebut untuk berobat ke RSUD Curup. Kita juga belum mengerti bagaimana teknis penggunaannya dari pihak BPJS Rejang Lebong," jelas Tanzilul.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa selama 4 bulan pasca dibagikannya KIS tersebut belum ada yang menggunakannya? Pertanyaan selanjutnya, kenapa pihak terkait penggunaan KIS seperti pihak RSUD Curup belum mengetahui teknis dan tata cara penggunaan KIS tersebut? Apakah pihak BPJS Rejang Lebong belum mensosialisasikan teknis penggunaan KIS atau kurangnya koordinasi antara pihak BPJS dan RSUD Curup? Hal ini masih menimbulkan banyak pertanyaan, seakan-akan KIS diabaikan oleh pihak pengelolanya, yakni BPJS yang juga memiliki produk serupa KIS.


Untuk diketahui, penerima KIS di kabupaten Rejang Lebong termasuk cukup banyak, data terhimpun bahwa penerima kartu KIS terbanyak ada di Kecamatan Padang Ulak Tanding dengan total penerimanya mencapai 11.083 jiwa. Selanjutnya disusul Kecamatan Selupu Rejang dengan jumlah penerima sebanyak 7.883 jiwa. Kemudian diikuti oleh Kota Padang sebanyak 6.287 jiwa. Selanjutnya tersebar di kecamatan lain yang ada di Rejang Lebong. Dimana penerima KIS dimasing-masing kecamatan mulai dari 3 ribu hingga 4 ribu jiwa. Dan seluruh KIS tersebut telah selesai dibagikan pada Desember 2015 lalu.[**]
SHARE

Author: verified_user