Rabu, 02 Maret 2016

Jadi Korban Penipuan CPNS, Petani Lapor Polisi

SHARE

BENGKULU, SemarakNews.co.id - Ridwan (60), Warga Desa Cawang Lama Kecamatan Curup Timur, selasa (01/03/2016) sekitar pukul 14.00 WIB resmi melapor ke Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Rejang Lebong (RL). Pasalnya, korban yang berprofesi sebagai petani merasa ditipu oleh seorang calo Calon Pegewai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Kepahiang berinisial AM (63) Warga kelurahan Kesambe Baru kecamatan Curup Timur. Peristiwa yang terjadi 20 sepetember 2014 silam tersebut mengakibatkan korban mengalami kerugian Rp. 90 juta.

Kepada penyidik, korban mengatakan, kronologis peristiwa bermula saat pelaku mendatangi korban dikediamannya. Saat itu, pelaku mengutarakan niatnya untuk membantu korban meluluskan anaknya dalam Tes CPNS yang digelar di kabupaten Kepahiang 2014 lalu.

Hanya saja, korban diminta untuk membayar biaya pengurusan kelulusan tes tersebut sebesar Rp 160 juta. Tertarik, korban lalu melakukan negosiasi dengan pelaku. Dalam pembicaraannya, korban meminta agar dirinya memberikan uang muka terlebih dahulu sebesar Rp. 90 juta kepada pelaku. Sisanya, akan diberikan saat anak korban yang bernama Nasrun Hadi lulus sebagai PNS kabupaten Kepahiang.

Pelaku saat itu menyetujui negosiasi tersebut. Di waktu yang sama, sekitar pukul 09.00 WIB korban menyerahkan uang tersebut kepada pelaku. Selanjutnya, pelaku berpamitan pulang kepada korban beralasan akan menyerahkan uang tersebut kepada panitia Seleksi CPNS kabupaten Kepahiyang.

“Saya sudah lama kenal dengan AM ini pak. Dia ini adalah pensiunan PNS. Memang informasinya yang bersangkutan sangat dekat hubungannya dengan Bupati Kepahiang saat itu. Apalagi, saat itu AM berjanji akan mengembalikan uang itu jika anak saya tidak lulus CPNS,” jelas Ridwan.

Naas, setelah pelaksanaan pengumuman Tes CPNS digelar, anak korban justru tidak lulus. Tak pelak, korban lalu berulang kali mendatangi rumah AM. Namun, setiap kali ditagih uang tersebut, AM selalu mengelak. Hingga akhirnya setelah 2 tahun korban melapor ke Polres RL.

“Saya harap, dengan laporan saya ini, tidak ada lagi korban penipuan Calo CPNS yang terjadi,” ujar Korban.

Dibagian lain, Kapolres RL, AKBP Dirmanto membenarkan adanya laporan korban tersebut.


“Kita secepatnya akan memanggil semua saksi yang mengetahui kejadian ini. Tidak menutup kemungkinan, kita akan memanggil terduga pelaku untuk diambil keterangannya,” ujar Dirmanto.[**]
SHARE

Author: verified_user