Tuesday, March 1, 2016

Gerhana Matahari, Pemda Rejang Lebong Gelar Sholat Gerhana

SHARE

BENGKULU, SemarakNews.co.id - Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Rejang Lebong (RL) pada 9 maret mendatang akan menggelar sholat gerhana yang dipusatkan di masjid agung Baitul makmur Curup. Sholat gerhana matahari yang hukumnya adalah sunah muakkadah. Hal ini disampaikan Kepala kementerian agama (Kemenag) RL Naseh saat menggelar rapat membahas sholat gerhana di Aula kemenag RL, Selasa (01/03/2016).

"Jajaran Pemda Rejang Lebong akan melaksanakan shalat gerhana yang dipusatkan di masjid Agung Baitul makmur Curup," Ujar Naseh.

Naseh menjelaskan selain ditingkat jajaran Pemda Rejang Lebong, seluruh masyarakat Rejang Lebong diminta untuk melaksanakan shalat sunah gerhana matahari dimasjid-masjid tempat tinggal masing-masing. Surat Himbauan Bupati dan undangan shalat sunah gerhana matahari akan dikeluarkan langsung oleh Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi. Undangan langsung dilakukan Bupati mengingat pada Rabu, 9 Maret 2016 mendatang merupakan hari libur nasional, sehingga dikhawatirkan banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tidak hadir.

"Undangan sholat Gerhana langsung oleh Bupati Rejang Lebong Hijazi, serta akan dimulai pada jam 07.10 WIB," jelas Naseh.

Himbauan dan ajakan shalat sunah gerhana matahari ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pembelajaran kepada masyarakat Rejang Lebong. Menurutnya fenomena gerhana seperti ini akan sangat jarang ditemui. Selain itu shalat sunah gerhana ini merupakan salah satu shalat sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dan tata cara shalatnya pun berbeda dengan salat sunah lainnya.

"Kita tingkatkan iman dan Taqwa, apalagi ini fenomena alam yang menunjukkan kebesaran Allah SWT," himbau Naseh.

Dari hasil rapat, direncanakan, imam shalat sunah gerhana matahari di Masjid Agung Baitul Makmur Kota Curup adalah ustad Syafiri dengan khatib ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rejang Lebong, Damanhuri Anwar. Kegiatan rapat koordinasi dihadiri oleh pelaksanan tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Rejang Lebong, Ketua MUI Rejang Lebong, serta perwakilan dari Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam yang ada di Rejang Lebong.


"Imamnya Ustad Syafri serta Ketua MUI Rejang lebong Damanhuri sebagai Khatib sholat gerhana," tutup Naseh.[**]
SHARE

Author: verified_user