Friday, February 12, 2016

Pj Kades Batu Panco: Tak Tahu Tambang Illegal

SHARE

BENGKULU, SemarakNews.co.id - Tambang tipe Galian C yang diduga kuat Illegal dan mengeksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) Desa Batu Panco Kecamatan Curup Utara dan sekitarnya tidak diketahui kejelasan perijinannya.

Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Batu Panco, Jauhari mengaku tidak mengetahui bahwa tambang yang hingga saat ini terus beraktivas tersebut tidak memiliki ijin yang resmi dari Dinas pertambangan dan Energi (Distamben) kabupaten Rejang Lebong (RL) maupun provinsi Bengkulu. Jauhari mengatakan bahwa tambang tersebut telah beroperasi dari 2009, jauh sebelum dirinya menjadi Pj Kades Batu Panco. Jauhari mengakui bahwa dirinya juga belum pernah meninjau lokasi pertambangan dan juga memeriksa terkait perijinan tambang yang selama ini terus mengeksploitasi hamparan sungai Musi tersebut.

"Saya tidak mengetahui jika tambang tersebut tidak memiliki ijin resmi dari pemerintah. Saya pikir sudah tambang tersebut sudah berijin, karena memang sudah lama tambang tersebut ada dan beroperasi," aku Jauhari.

Jauhari mengatakan akan menindaklanjuti tambang tersebut bersama perangkatnya dan berkoordinasi dengan dinas terkait pertambangan. Ia mengatakan, bila memang tambang tersebut termasuk dalam kategori illegal, maka dirinya bersama warga setempat akan mengambil langkah tegas untuk penertiban tambang, supaya tidak berakibat fatal pada lingkungan, khususnya desa Batu Panco dan sekitarnya.

"Jikalau nanti dari aktivitas tambang tersebut, menurut analisa kita mengakibatkan kerugian masyarakat seperti rawan longsor dan merusak lahan dan irigasi persawahan, maka akan kami tindak lanjuti," tegas Jauhari.

Jauhari mengatakan, bahwa dirinya juga tidak pernah melihat adanya kontribusi pertambangan tersebut kepada masyarakat setempat. Ia mengatakan, selama 6 bulan ia menjabat sebagai Pj Kades Batu Panco, belum pernah sekalipun dirinya melihat ada kontribusi tambang, apakah berupa bantuan, program pemberdayaan masyarakat sekitaran pertambangan, dan lainnya.


"Selama 6 bulan saya sebagai Pj Kades Batu Panco ini, belum pernah saya lihat, pertambangan di sekitaran Batu Panco ini berkontribusi kepada masyarakat," kata Jauhari.[**]
SHARE

Author: verified_user