Tuesday, February 2, 2016

Pilkades Rejang Lebong "Nyangkut" Verifikasi Pemerintah Provinsi Bengkulu

SHARE

BENGKULU, SemarakNews.co.id - Pergelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang rencananya akan digelar pada 2016 yang telah diatur dalam  Peraturan Daerah (perda) yang baru disahkan Dewan perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rejang Lebong (RL) terkait pilkades masih terkendala oleh verifikasi di tingkat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Muhammad Rizal, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) mengaku belum mendapatkan intruksi atau surat himbauan sejenisnya terkait Pilkades. Rizal berharap, pergelaran pilkades RL ini segera diselesaikan Perdanya, sehingga pihak BPMPD Rejang Lebong bisa segera mempersiapkan teknis dan penjadwalan yang pasti terkait Pilkades.

"Masyarakat sudah menantikan Pilkades ini. Kita berharap kepada Pemprov Bengkulu untuk segera memverifikasi perda yang telah dikirimkan oleh Pemda Rejang Lebong, sehingga kita juga bisa langsung bergerak dan memeberikan edaran surat terkait pilkades ke Desa-desa yang menanti pilkades ini," jelas Rizal.

Rizal menambahkan, di Rejang Lebong, ada 64 desa dari 13 kecamatan yang akan berpartisipasi dalam Pilkades 2016 ini. Untuk desa terbanyak yang mengikuti pilkades serentak ada di kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), yakni sebanyak 10 desa. Diantaranya desa Karang Baru, Belumai II, Ulak Tanding, Tanjung Sanai I, Tanjung Sanai II, Muara telita, Ujan Panas, Taba Tinggi, dan Desa Taktoi. Sedangkan di kecamatan lainnya, ada 3 hingga 8 desa yang mengikuti Pilkades serentak 2016 ini.

"Pilkades ini akan dilaksanakan serentak, semua teknis dan terkait jadwalnya belum bisa kita pastikan, karena masih menunggu surat hasil verifikasi perdanya dari Pemprov Bengkulu," kata Rizal.

Ditemui terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemda Rejang Lebong, Heriyadi mengakui memang benar bahwasannya perda untuk Pilkades RL 2016 masih menunggu hasil verifikasi dari Pemprov Bengkulu. Ia juga berharap, seluruh perda yang telah diusulkan Pemda Rejang Lebong untuk segera diverifikasi dan ada hasilnya, termasuk perda Pilkades ini.

"Rencananya dalam minggu ini kita akan kirim orang ke Pemprov Bengkulu untuk menjemput hasil verifikasi Perda-perda yang telah kita usulkan, termasuk perda terkait Pilkades ini," singkat Heriyadi.[**]
SHARE

Author: verified_user