Thursday, February 4, 2016

2016, Disdik Rejang Lebong Cuma Urusi Dikdas

SHARE

BENGKULU, SemarakNews.co.id - Rencana peralihan penanganan Pendidikan Menengah (Dikmen) setingkat SMA/SMK dan sederajat yang tertera pada Undang-Undang (UU) RI Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pengganti UU RI Nomor 32 Tahun 2004 mengakibatkan sistem organisasi di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rejang Lebong (RL) segera "dilebur".

Salah satu perubahan yang mencolok adalah Bidang Dikmen di Disdik RL yang akan dihapus.

"Dengan perubahan tersebut, nantinya, Dikmen akan ditangani Pemerintah Provinsi Bengkulu. Proses penghapusan Dikmen di tingkat Kabupaten sudah bergulir, namun rencana itu baru direalisasikan pada Oktober 2016 mendatang," jelas Zakaria Effendi, Kepala Disdik RL, Jum'at (05/02/2016)

Zakaria mengatakan bahwa hal itu tidak dapat dihindari.  Dikmen akan dilikuidasi, artinya di daerah hanya ada Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) yang menangani Sekolah Dasar hingga tingkat SMP. Perubahan itu baru efektif pada tahun 2017 setelah dilakukan peralihan mulai Oktober 2016.

“Pada 2017 nanti, Dikmen sudah tidak ada," singkatnya.

Terkait tahapannya, Zakaria mengaku sejauh ini pihaknya hanya melakukan pemetaan terhadap sekolah tingkat atas.

"Hingga saat ini kami masih sebatas melakukan pemetaan untuk menginventarisir SMA/SMK. Termasuk jumlah guru dan aset milik sekolah," kata Zakaria.

Zakaria menilai, peralihan penanganan ke provinsi masih bisa selaras dengan rencana pemerintah pusat yang ingin menerapkan wajib belajar pendidikan dasar 12 tahun. Atau dari jenjang SD hingga SMA sederajat.

Zakaria menargetkan pemetaan untuk program nasional tersebut selesai pada Maret 2016 mendatang. Selanjutnya pada Oktober 2016, secara resmi pengelolaan manajemen pendidikan tingkat SMA/SMK ada di tangan Provinsi Bengkulu.[**]
SHARE

Author: verified_user