Sunday, January 31, 2016

Disnakan Tinjau Lokasi KT Penerima Bantuan Ternak

SHARE

BENGKULU, SemarakNews.co.id - Awal Februari 2016 ini, Dinas Peternakan dan perikanan (Disnakan) Rejang Lebong (RL) kembali berencana mengucurkan bantuan ternak kambing kepada Kelompok Tani Peternak yang ada di sejumlah Kecamatan Kabupaten RL. Sebelum menyalurkan bantuan, petugas akan melakukan survey dan meninjau langsung lokasi Kelompok Ternak (KT) penerima bantuan.

Kepala Disnakan RL, Amrul Eby saat meninjau lokasi di kawasan Transmigrasi TSM Desa Pal 7 Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR). Amrul Eby mengatakan, survey dilakukan untuk mengetahui apakah benar item yang tercantum dalam proposal pengajuan bantuan benar adanya.

“Seperti luas lahan, jumlah anggota kelompok tani hingga potensi ketersediaan pakan ternak di sekitar lokasi,” kata Amrul.

Ditambahkan Amrul, hingga saat ini, sudah ada 45 Kelompok Tani yang mengajukan bantuan ternak ke Disnakan RL. Semuanya, dilakukan survey secara langsung.

“Dari peninjauan kita selama sebulan terakhir ini, kita memprioritaskan bantuan untuk diberikan kepada kelompok Tani warga Transmigrasi di Kecamatan Bermani Ulu Raya. Ini lantaran belum ada satupun bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada warga di sini,” jelas Amrul Eby.

Validasi proposal ini wajib dilakukan selain karena ingin mengetahui keadaan sebenarnya, juga dilakukan lantaran jumlah bantuan yang diberikan terbatas yaitu hanya diberikan kepada 14 kelompok tani. Rinciannya, bantuan melalui Pemerintah Daerah RL sebanyak 8 Kelompok dan bantuan dari pemerintah propinsi sebanyak 6 kelompok.

“Jadi, kelompok tani penerima bantuan yang menerima adalah kelompok tani yang benar-benar membutuhkan dengan catatan, taraf ekonominya di bawah rata- rata,” ujar Amrul.

Dikatakan Amrul, dari hasil peninjauan di lokasi trans ini, item-item yang menjadi penentu untuk menerima bantuan sudah terpenuhi semuanya. Baik dari luasan lahan, potensi pakan ternak hingga jumlah anggota kelompok tani yang tidak fiktif.

“Bantuan kambing ini pada dasarnya adalah bantuan yang lebih bersifat memanfaatkan perkarangan rumah. Kelompok tani yang menerima bantuan harus menyediakan sendiri kandangnya. Kita hanya menyalurkan bantuan ternak saja berkisar 20 hingga 30 ekor kambing yang terdiri dari kambing jantan dan kambing betina,” jelasnya.[**]
SHARE

Author: verified_user